#30HBC21: Tips untuk Mengurangi Kebiasaan Lupa

Sering lupa tidak hanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia saja lho, tetapi dapat terjadi juga pada orang yang masih muda. Saya salah satunya. Baru dibrief sama bos tentang suatu hal, beberapa menit kemudian saya bisa aja langsung lupa apa yang sudah dijelaskan. Lebih seringnya sih, saya suka lupa menaruh barang di mana. Jadi, sering banget tuh kehilangan barang hanya karena lupa naronya di mana.

Lupa merupakan kebiasaan buruk yang seharusnya gak boleh dipelihara. Maka dari itu, saya berusaha banget untuk mengurangi kebiasaan yang bisa bikin lupa. Caranya gimana tuh? Saya akan berbagi tips mencegah lupa berikut ini!

1. Sticky notes, buku catatan, atau notes di HP adalah sahabatku
Yap, ketiga hal ini menjadi karib saya untuk membantu mengurangi kebiasaan lupa. Gak terbatas pada tiga hal ini sih. Pokoknya apapun yang bisa dijadikan media untuk menulis, saya gunakan sebagai pengingat. Karena menurut penelitian, dengan menulis, sebagian memori bekerja untuk mengingatnya. Jadi, ketiga hal ini akan saya gunakan untuk menulis segala hal yang perlu saya ingat, mulai dari jadwal rapat, tugas yang harus diselesaikan, hingga pengingat hari kejepit yang bisa dimanfaatkan untuk berlibur.

2. Menambah saksi mata
Kalau yang ini sering dilakukan oleh mama saya setiap menaruh barang-barang penting. Ia selalu memberi tahu saya dan menjadikan saya sebagai saksi matanya. Cara ini cukup efektif, kalau saksi matanya memiliki ingatan yang kuat ya. Lah, kalau yang disuruh ingetin itu tipenya kayak saya...sama saja bohong, hahaha.

3. Bikin reminder di HP
Nah, ini salah satu cara efektif. Setiap ada acara penting atau janjian dengan orang, saya selalu memasang reminder di HP. Biar gak lupa, saya membuat waktu pengingatnya dua kali, sehari sebelum dan satu jam sebelum acaranya.

Semoga tips ini bisa membantu kamu untuk menghilangkan kebiasaan lupamu. Tenang, sering lupa bukan berarti kamu sudah tua. Kamu hanya perlu lebih konsentrasi dalam setiap kejadian yang terjadi di hidupmu. Selamat mengingat-ingat!

Comments

Popular Posts