#30HBC2009: Mari Kita Cerita tentang NKCTHI

Di tulisan kesembilan ini, yuk kita cerita tentang NKCTHI 😎
sumber: Hipwee
Pertama kali tahu tentang NKCTHI itu dari postingan di Instagram. Beberapa kali teman saya me-repost postingan dari profil @nkcthi. Saat itu saya berpikir, ini akun apa sih? Namanya unik banget.  Ternyata itu adalah sebuah akronim dari "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". Lalu saya kepoin deh dan menemukan bahwa seluruh postingan-nya berisi kutipan tulisan-tulisan yang memotivasi dan sesuai banget dengan kehidupan sehari-hari.

Saya bukan pengikut akun @nkcthi. Yang saya tahu, buku yang ditulis oleh Marchella FP ini berisi tulisan positif yang berkonsep kesehatan jiwa. Tulisannya singkat dan sederhana, tetapi dikemas dengan permainan rima sehingga membuatnya menjadi indah dan ngena di hati.

Ketika mendengar berita bahwa NKCTHI akan diangkat ceritanya ke layar lebar, saya sangat antusias. Selain saya penikmat serta pendukung film Indonesia yang berkualitas, saya juga kepo dengan jalan ceritanya seperti apa. Karena yang saya tahu kan isi novelnya hanya berisi kutipan-kutipan saja. Apakah bisa disulap menjadi sebuah film?

Rasa tidak percaya saya seakan ditangkis oleh Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara film ini. Memang benar jika ada ajakan untuk menonton film ini bersama keluarga karena hampir seluruh ceritanya berpusat pada keluarga Angkasa, Aurora, dan Awan. Dan sama seperti novelnya, film ini pun sangat sesuai dengan kehidupan keluarga sehari-hari.

Keluarga kecil yang diceritakan dalam NKCTHI ini terdiri dari Ayah, Ibu, dan ketiga kakak-beradik 'Triple A'--Angkasa, Aurora, Awan. Persoalan masing-masing anggota keluarga ini dijelaskan dengan apik dan memang sesuai dengan kenyataan. Bagaimana Angkasa, sebagai anak laki-laki sulung, memiliki beban dan tanggung jawab yang besar dalam keluarga: tulang punggung keluarga dan penjaga kedua adik perempuannya. Angkasa selalu dituntut oleh Ayahnya untuk tampil sempurna dalam menjaga kedua adiknya. Meskipun kadang kesalahan yang dibuat olehnya berawal dari adiknya, ia harus rela dimarahi oleh sang Ayah.
sumber: Hipwee
Aurora, si anak tengah yang pendiam dan tertutup. Sama seperti Angkasa, ia harus mau berbesar hati untuk mengalah dari adiknya. Ia tidak boleh maju sendiri, tetapi harus membimbing adiknya dan maju bersama-sama. Karakteristik anak tengah, menurut saya, tepat digambarkan dalam diri Aurora yang selalu mengasingkan diri dengan hobinya. Ia terlihat lebih mandiri ketimbang kakak dan adiknya.

Awan, anak bontot yang paling dijaga oleh kedua orang tuanya, terutama Ayahnya. Dikisahkan dalam film ini bahwa Awan yang hingga beranjak dewasa pun dan sudah mulai bekerja harus tetap dijemput oleh Angkasa. Ia tidak boleh pulang malam, setiap pekerjaan rumahnya juga dibantu oleh Ayah dan Ibu, dan perhatian lainnya yang kadang hanya diberikan khusus untuk Awan. Dan jujur, sebagai anak bontot, saya merasa kehidupan Awan sangat tepat dan sesuai dengan keadaan saya. Yaa...meskipun mama dan alm. papa saya tidak se-ekstrem Ayah Awan sih.
sumber: Tirto.id
Tagline yang tertera di poster film ini, "setiap keluarga punya rahasia", juga ada benarnya. Tidak semua keluarga yang terlihat baik-baik saja dari luar juga baik-baik saja di dalamnya. Misalnya saja banyak terjadi perceraian di kalangan artis yang sejak awal pernikahan mereka terlihat romantis dan harmonis. Kita gak ada yang tahu kehidupan mereka sehari-hari apakah memang seromantis dan seharmonis kelihatannya? Sebab, setiap keluarga memang punya rahasia.

Saya memberi nilai 9/10 untuk film NKCTHI. Ada banyak kutipan dan pelajaran yang bisa saya ambil dari setiap peristiwa Angkasa, Aurora, Awan, Ayah, dan Ibu, oh juga Kale. Salah satu kutipan favoritku dari film ini adalah:
sumber: Hipwee
"Hidup itu lucu ya. Yang dicari hilang, yang dikejar lari, yang ditunggu pergi. Sampai hari kita lelah dan berserah, saat itu semesta bekerja."

Selain kutipan-kutipannya, saya juga menyukai lagu-lagu yang diputar dalam lagu ini. Karena film ini, saya mulai menyukai lagunya Kunto Aji dan Ardhito Pramono: Rehat, Bitterlove, dan Fine Today. Ibarat menu makanan, film NKCTHI termasuk paket lengkap! Mulai dari ceritanya, produser, pemain, hingga lagu-lagunya tuh bagus dan ngena banget. Terima kasih sudah menyuguhkan film berbobot di Tanah Air!

Comments

Popular Posts