#30HBC2016: Kilas Balik Kamis - Gamelan Bali Semasa SMA

Di hari Kamis ini, saya ingin kilas balik semasa SMA saya. Tentang kegiatan humaniora yang saya ambil saat SMA, yaitu Gamelan Bali.

Singkat cerita, di SMA saya dulu setiap anak wajib mengikuti kegiatan humaniora di hari Sabtu yang terdiri dari kelas bahasa asing selain Bahasa Inggris dan kelas kesenian. Saat open house, sebenarnya ada dua kelas kesenian yang menarik saya. Pertama adalah tari tradisional dan Gamelan Bali. Lalu pilihan saya pun berakhir di kelas Gamelan Bali.
sumber: romadecade.org
Kenapa harus Gamelan Bali sih? Kenapa gak Gamelan Jawa? Alasan sederhananya adalah saya menyukai sesuatu yang baru, yang unik, dan yang belum pernah saya ketahui sebelumnya. Kalau Gamelan Jawa kan saya sering dengar dan lihat setiap mengunjungi daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Bahkan sanggar untuk berlatih Gamelan Jawa juga cukup banyak. Nah, maka dari itu saya lebih memilih Gamelan Bali.

Pengajar kelas Gamelan Bali saya namanya Pak Ketut. Pertama kali saya mengikuti kelas Gamelan Bali ini, saya sedikit culture shock sih. Karena Gamelan Bali itu identik dengan bunyi-bunyian heboh yang memekakkan telinga. Nah, setiap selesai kelas Gamelan Bali, telinga pasti akan berdengung saking kencangnya bunyi alat-alatnya.
sumber: intronesia.com
Belajar Gamelan Bali itu susah-susah gampang. Mungkin mirip-mirip dengan Gamelan Jawa cara memukul alatnya. Yang membedakan itu adalah temponya saja. Kalau Gamelan Jawa identik dengan tempo lagu yang pelan, kalau Gamelan Bali temponya cepat. Jadi, susahnya tuh kalau kebagian main melodi, tangan kiri yang berfungsi untuk menutup bilah gamelan harus bisa mengimbangi tangan kanan yang memukul bilah dengan cepat. Kadang, saking cepat temponya, saya pernah gak sengaja memukul tangan kiri saya, hahaha.

Oh ya, kalau di Gamelan Bali alat untuk memukul gamelannya itu berbentuk seperti palu yang ujung belakangnya runcing.

Lagu yang paling membekas di ingatan itu adalah "Janger". Saya pernah memainkan lagu ini beberapa kali saat ada pentas seni atau open house di SMA. Untuk mendukung penampilan saat itu, saya dan teman-teman lainnya menggunakan pakaian khusus pemain Gamelan Bali. Seru deh!

Comments

Popular Posts