#30HBC20: 5 Tipe Penumpang Bus TransJakarta

Setiap menaiki bus TransJakarta, saya selalu menyempatkan diri untuk menyapu setiap sudut dan mengamati gerak-gerik dari penumpang lainnya. Kadang kalau saya pulang bersama teman, hasil pengamatan ini bisa menjadi salah satu topik kami sepanjang perjalanan. Mengamati penumpang di bus TransJakarta ternyata bisa memberikan manfaat bagi saya. Salah satunya ya bisa menghasilkan tulisan ini, hehehe.

Sepanjang sepuluh tahun, saya bisa menyimpulkan bahwa ada lima tipe penumpang bus TransJakarta. Berikut rinciannya:

1. Si Apatis
sumber: IDNTimes
Sangat disayangkan saya harus memulai pembahasan dari tipe penumpang yang kurang baik ini. Masalahnya, penumpang seperti ini nyaris dapat ditemukan di setiap perjalanan bersama bus TransJakarta. Penumpang tipe apatis ini tuh biasanya orang-orang yang memilih tidur (atau pura-pura tidur) saat mendapatkan duduk di dalam bus. Namun, ada juga sih yang tidak tidur tapi cuek saat ada penumpang yang lebih membutuhkan tempat duduk, seperti ibu hamil, membawa anak, memiliki keterbatasan fisik, atau yang sudah lansia. Kalau saya melihat penumpang tipe ini, rasanya udah dengki dan memaki dalam hati. Iya, saya gak bisa marah-marah soalnya dan malas juga sih memperpanjang masalahnya.

2. Si Tukang Ngantuk
Nah, kalau yang ini berbeda dengan si apatis. Kalau si tukang ngantuk, ciri-cirinya tuh kalau udah tidur, kepalanya bisa tenggleng ke kanan atau kirinya saking pulasnya. Ada orang yang risih sama penumpang seperti ini. Biasanya orang yang risih dengan penumpang ini akan memilih menjauhkan bahunya dari dia, memajukan duduknya, atau bahkan sampai berdiri dari kursinya. Eits, tapi si tukang ngantuk ini gak melulu terjadi saat dapat duduk, lho. Saya pernah menemukan orang yang bisa tidur saat sedang berdiri dan memegang tiang di dalam bus. Dan jujur, saya pernah menjadi tipe penumpang si tukang ngantuk ini, baik yang tidur pulas sampai kepala miring-miring saat duduk maupun saat berdiri. Saking capek dan ngantuknya badan, rasanya tubuh saya ini bisa diajak untuk istirahat dalam kondisi apapun, hahaha.
sumber: posmetro-medan.com
Oh ya, satu hal yang perlu menjadi perhatian buat kamu yang termasuk tipe penumpang si tukang ngantuk ini, jaga-jaga mulutnya ya. Biasanya saking pulas dan ngantuknya, kamu bisa tidur sampai ternganga-nganga, upsss.

3. Si Berisik
sumber: fourlook.com
Penumpang tipe ini biasanya ditemukan dalam sekumpulang orang, entah berdua atau lebih. Seringnya sih anak-anak sekolah yang berdiri mengerumun dan sedang ngobrolin suatu hal. Kadang, saking serunya bahan obrolan, mereka sampai lupa kalau masih di dalam bus. Akhirannya volume suara tidak terkontrol, ketawa tidak bisa dikendalikan juga. Saya pun pernah jadi tipe penumpang seperti ini, dulu saat SMA. Waktu itu saya sedang dalam perjalanan pulang bersama empat orang teman (kalau gak salah). Saya lupa topik apa yang dibahas waktu itu hingga kami tertawa terbahak-bahak di dalam bus TransJakarta. Posisi berdiri kami di tengah, dekat pintu masuk dan penjaga busnya. Akibat ketawa kami yang tidak bisa dikontrol, si penjaganya memarahi kami begini, "Jangan berisik. Kalau nggak kalian saya turunin di halte selanjutnya." Awalnya saya merasa jengkel sih ditegur seperti itu karena kesannya terlalu berlebihan. Namun seiring bertambahnya waktu, saya mulai menyadari bahwa ngobrol atau ketawa terlalu keras di dalam bus TransJakarta itu memang mengganggu sih.

4. Si Pendengar Musik Keras-Keras
sumber: bobo.grid.id
Berbeda dengan si berisik, penumpang tipe ini tuh justru lebih diam karena mereka mendengarkan musik dengan earphone atau headphone-nya. Sayangnya, mungkin saking senangnya mereka dengan lagu yang didengar, volumenya pun kencang sekali sehingga orang di dekatnya bisa mendengar suaranya sayup-sayup. Pernah waktu itu saya berdiri dekat penumpang tipe ini. Alunan musik yang 'bocor' dari earphone-nya terdengar familier di telinga saya. Ternyata dia sedang mendengarkan lagu yang saya sukai, sehingga saya pun ikut bernyanyi dalam hati. Terkadang, saya merasa penumpang tipe ini tuh orangnya berjiwa sosial banget. Iya, mereka kan mau berbagi lagu yang mereka dengar kepada orang-orang di sekitarnya, hehehe. Tapi...kasihan juga ya telinganya, harus menerima suara dalam volume keras :")

5. Si Penggemar Drama Korea
sumber: kaskus.co.id
Tipe penumpang ini tuh menurut saya yang paling sering dan banyak di dalam bus TransJakarta. Gak melulu nonton drama Korea sih. Kadang saya memergoki mereka sedang menonton acara hiburan milik Korea atau film Barat. Apalagi sekarang ini lagi kekinian banget aplikasi di smartphone untuk menonton serial TV Korea maupun Barat. Kalau berdiri atau duduk bersebelahan dengan penumpang seperti ini, saya selalu kepo mereka lagi menonton apa. Lalu kalau drama Koreanya belum pernah saya tonton tetapi saya tahu nama pemainnya, biasanya akan saya cari informasinya di Asianwiki dan malamnya saya langsung nonton deh. Kepada mereka si penggemar drama Korea di bus TransJakarta, saya ucapkan terima kasih karena telah menambah wawasan per-K-Drama-aan saya.

Kurang lebih, kelima tipe penumpang bus TransJakarta ini yang paling sering saya jumpai. Kalau kamu, termasuk tipe penumpang yang mana?

Comments

Popular Posts