#30HBC2024: Dua Kata Mantra Ajaib

Jujur, pas tahu kalau hari ke-24 mimin 30 Hari Bercerita meminta kami untuk membuat tulisan bertema mantra, saya langsung bingung. Mantra apaan ya yang selalu bisa memotivasi atau membuat saya bersemangat kembali. Apalagi mantra yang diminta adalah kumpulan kata-kata penyemangat yang murni buatan sendiri. Maklum, biasanya yang membuat saya termotivasi itu yaa kumpulan kutipan-kutipan milik orang lain, entah itu penulis seperti NKCTHI atau penyiar TV seperti Najwa Sihab.
sumber: himalayanyoganepal.com
Namun, ada dua kata yang selalu saya ucapkan dan lakukan setiap kali saya merasa 'berantakan': "inhale" dan "exhale". Saya tahu sih, ini sebenarnya dua kata kerja dalam bahasa Inggris yang artinya mengambil napas dan mengembuskannya. Mungkin tidak layak disebut sebuah mantra, tetapi saya akan mencoba membagikan maknanya kepada kamu. Siapa tahu mantra sederhana ini juga bisa bekerja di dirimu.

Saya mulai menerapkan mantra ini semenjak mengenal dunia yoga. Dalam melakukan yoga, setiap orang juga diajari bagaimana cara melakukan pernapasan yang baik. Jadi, dalam setiap gerakan dilakukan dalam beberapa hitungan napas tertentu. Guru yoga akan mengarahkan kapan harus mengambil napas dan kapan harus mengembuskannya. Setiap melakukan pernapasan, hampir setiap guru yoga akan berkata seperti ini, "ambil napas melalui hidung. Rasakan ada energi positif yang mengalir dalam tubuh Anda." Kalimat itulah yang membuat saya jatuh cinta sama yoga. Saya diajarkan bagaimana mengisi tubuh dengan energi-energi positif lewat pernapasan.
sumber: nahlabeauty.com
Percaya atau tidak, itu berhasil membuat saya lebih tenang saat sedang kacau balau. Misalnya, saat saya merasa kesal dengan seseorang. Saya mengucapkan dua kata tersebut, "inhale, exhale", sambil melakukannya juga. Berkali-kali, sampai akhirnya saya merasa tenang dan damai. Ajaib memang, sama khasiatnya ketika saya meminum segelas air mineral saat sedang emosi. Tenang dan damai adalah hal yang terjadi berkat kedua kata tersebut.

Coba, deh. Kalau memang berhasil, kabarin saya ya! Semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts