#30HBC2002: Banjir Jabodetabek, Awal yang Baik atau Buruk?

Awal tahun 2020 ini unik dan spesial, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun-tahun sebelumnya langit Jakarta dihiasi kembang api warna-warni dan alunan lagu pesta akhir tahun, kali ini warga Jakarta harus meredam kesenangan karena banjir melanda tepat di awal tahun, 1 Januari 2019. Bukan awal yang baik sebenarnya, tapi jika dilihat dari sisi lain, mungkin ada baiknya peristiwa ini terjadi.
sumber: Liputan6.com
Kepedulian kita kepada sesama yang membutuhkan, kembali diasah

Jika tahun baru ini disambut dengan langit cerah, mungkin tidak akan ada jiwa-jiwa sosial yang bermunculan. Yang ada paling sisa-sisa sampah yang berserakan di sekitar panggung pesta akhir tahun. Mana ada yang mau memungut sampah dan membersihkan bersama-sama. Pasti sudah lelah karena berpesta semalaman dan memilih untuk menghabiskan setengah hari awal tahunnya dengan beristirahat.

Berbeda dengan tahun ini. Akibat hujan yang mengguyur sejumlah daerah di Jabodetabek sejak Selasa, 31 Desember 2019 sore dan berlanjut hingga esok paginya, banjir pun mengepung daerah ini. Banyak yang terjebak di lantai 2 rumahnya. Banyak bayi, anak kecil, ibu hamil, lansia, hingga hewan peliharaan yang terjebak akibat banjir. Beberapa teman saya pun mengalami musibah ini, sehingga ada yang mengungsi ke rumah neneknya bahkan ada yang masih terjebak di lantai atas rumahnya.

Namun, berkat musibah ini seluruh warga bersatu dan saling membantu. Banyak relawan, baik yang dari komunitas maupun perorangan, yang membantu para korban banjir dengan menyalurkan bala bantuan berupa kebutuhan pokok (makanan dan minuman), pakaian, dan selimut. Peristiwa ini telah mengetuk pintu hati banyak orang untuk peduli terhadap korban banjir. Kepedulian yang biasanya jarang muncul di tengah kesibukan dan hiruk-pikuk Ibukota Jakarta.
sumber: Detiknews
Jadi, tidak selamanya musibah terlihat buruk. Selalu ada hal positif yang bisa ditemukan di balik peristiwa tersebut. Saya harap kejadian ini tidak dijadikan alasan untuk menyalahkan pihak-pihak tertentu. Sebaliknya, kejadian ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Yap, semoga banjir Jabodetabek ini bisa menjadi awal yang baik bagi kita semua untuk tetap bersatu saat menghadapi rintangan dan cobaan di hari-hari selanjutnya. Semoga juga air cepat surut dan para korban banjir tetap sehat :)

Comments

Popular Posts