#30HBC2012: Saya, Bulan Purnama, dan Nyanyian Mama

Hai Spanialishta!
sumber: Kumparan
Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikia (BMKG), puncak bulan purnama jatuh pada tanggal 11 Januari 2020 kemarin. Namun, menurut saya, cahaya bulan purnamanya terlihat lebih terang malam hari ini. Tadi sepulang dari makan malam bersama keluarga, saya menatap langit. Kebetulan, posisi bulan berada di dekat genting rumah saya. Jadi saat hendak membuka gerbang rumah, saya melihat cahaya terang di langit yang ternyata datang dari bulan purnama itu.

Selain bercahaya terang, bulan purnamanya juga memiliki lingkaran pudar di sekitarnya. Kalau kata mama itu disebut Halo, entah benar atau tidak. Bulan purnama hari ini terlihat cantik, begitu kontras dengan langit malam yang berwarna gelap.
Bulan purnama tanggal 11 Januari 2020
Berbicara soal bulan purnama, saya teringat nyanyian mama saya. Entah siapa yang menyiptakan lagu ini, tetapi mama selalu menyanyikannya setiap saya terperangah melihat bulan purnama. Kira-kira begini isi lagunya:

"Lan, lantok,
Bulan segede batok,
Gak abis bakal besok."

Makna lagu itu pun juga gak saya pahami. Mama pun demikian, hahaha. Cuma rima di akhir baitnya saja yang membuat lagu ini terdengar unik dan lucu. Setiap kali kami melihat bulan purnama, pasti saya menyanyikan lagu ini dan mama menyahutinya.

Comments

Popular Posts