SEA Games 2013


AYO! AYO! AYO! INDONESIA BISA!

Penggalan syair lagu yang dinyanyikan oleh Sherina dan Ello tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia selalu mendukung para atlet yang "bertarung" demi nama nusa dan bangsa. Begitu juga dengan saya. Lewat tulisan ini dan beberapa tulisan sebelumnya, saya berusaha untuk memberi dukungan tim Indonesia yang sedang bertanding di ajang SEA Games 2013 di Myanmar. Bukan dukungan dengan meneriakan "Indonesia! Indonesia!" di setiap tempat pertandingan SEA Games Myanmar (pengennya sih iya, tapi pertimbangan biaya yang membuat saya tidak dapat merealisasikannya). Namun dukungan dalam bentuk doa dan menonton perjuangan mereka di TV lah yang saya berikan.

Tulisan kali ini sebagai lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yang berjudul "GO GO GO INDONESIA". Dalam tulisan itu, saya mengabarkan bahwa satu emas sudah terkumpul dari sektor bulu tangkis perorangan, ganda putra. Kesuksan Angga/Ryan diikuti oleh kedua rekan mereka di sektor tunggal putri dan ganda campuran. Saya sedikit terkejut karena satu emas dipersembahkan oleh Bellaetrix di sektor tunggal putri. Sungguh, ini merupakan hasil yang tidak disangka-sangka. Karena sektor putri, khususnya di tunggal, belum ada pemain yang mampu untuk bermain konsisten dan menyamai legenda bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti. Maka, kemenangan Bellaetrix ini sungguh sangat saya harapkan menjadi angin segar bagi sektor tunggal putri. Di ganda campuran, pasangan Rizal/Debby berhasil mengikuti jejak kedua rekannya untuk mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia. Alhasil, 3 kali berturut-turut lagu Indonesia Raya memenuhi Wunna Theikdi Indoor Stadium. Awalnya, saya berpikir semua sektor yang dipertandingkan dapat memetik kemenangan. Namun, kehendak saya ternyata bukan kehendak Tuhan. Dua sektor sisanya, yaitu tunggal putra dan ganda putri gagal untuk menambah pundi-pundi emas kontingen Indonesia. Yaa tak apalah. Hitung-hitung berbagi pada sesama yang juga membutuhkan. Kita sebagai manusia tidak boleh serakah, bukan?

Terlepas dari dua kekalahan Indonesia yang terjadi di final bulu tangkis perorangan, perjuangan mereka patut untuk dihargai. Menang atau kalah bukanlah masalah. Yang terpenting adalah bagaimana mereka telah berjuang mati-matian, jatuh-bangun dan tetes keringat yang mereka keluarkan demi membela negara Indonesia. Selamat bagi tim bulu tangkis Indonesia di nomor perorangan. Semoga hasil yang sangat baik ini juga mendapat apresiasi yang setimpal dari pemerintah Indonesia.

Comments

Popular Posts