Hujan

Memasuki bulan Desember, kita dihadapkan dengan hujan yang terus-menerus jatuh ke bumi. Tentu hal tersebut memunculkan berbagai dampak positif maupun negatif. Kalau negatif, kalian pasti tau, yaitu BANJIR. Kali ini, saya hanya akan membahas dampak positifnya saja. Kenapa? Karena saya ingin memberi semangat positif di tengah-tengah dampak negatif yang mungkin lebih terasa.

Lalu, apa sih dampak positif dari hujan? Pasti kalian lebih sering menemukan dampak negatifnya kan? Yaa becek lah, ga ada ojeg lah, terus macet juga, jadinya gabisa pulang lah. Tapi, tahukah kalian kalau di balik kata hujan ada makna tersirat (yang lagi-lagi saya temukan)? Hujan, Hening (yang) Ujung-ujungnya JAdi Ngantuk. Setiap hujan, apalagi yang sangat deras, orang-orang cenderung untuk diam. Kenapa? Karena mungkin mereka merasa tidak dapat menyaingi derasnya suara hujan. Tapi, bisa jadi karena mereka ngantuk. Di kala hujan, seseorang mendapatkan ketenangan dari keheningan yang tercipta. Ketenangan itu terkadang sangat dibutuhkan seseorang, apalagi mereka yang hidup di tengah kebisingan kota Jakarta. Karena lewat ketenangan dan keheningan, seseorang dapat melakukan komunikasi intrapersonal, yaitu komunikasi dengan diri sendiri. Gila dong? Tentu tidak. Komunikasi intrapersonal lebih mengarah ke intropeksi diri. Kita dapat merenung tentang kejadian sepanjang hari. Apa saja yang telah kita kerjakan, keberhasilan yang telah dicapai, kegagalan yang ditemui, dan berbagai macam hal lainnya. Intropeksi diri ini berguna agar kita terus berusaha untuk lebih baik di esok hari dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Lewat ketenangan dan keheningan, seseorang juga dapat menemukan ide-ide gila. Misalnya saja Isaac Newton yang menemukan gaya tarik bumi ketika ia sedang berdiam diri di bawah pohon apel. Jadi, tidak ada salahnya kita berdiam diri sejenak, mengalami ketenangan dan keheningan diri ketika hujan. Siapa tahu kalian akan menjadi seorang penemu seperti Alexander Graham Bell atau Thomas Alva Edison, dan nama kalian tercatat di buku-buku sejarah seluruh dunia!

Itulah dampak positif dari hujan. Mungkin sebenarnya, hujan selalu mendatangkan dampak positif. Karena hujan berasal dari Tuhan yang selalu memberikan yang terbaik kepada umat-Nya. Dampak negatif dari hujan semata-mata karena ulah manusia yang sangat egois mengeksploitasi alam tanpa membenahinya lagi. Kegundulan hutan karena penebangan liar telah membuat semakin berkurangan alat untuk menyerap air hujan yang jatuh.

So, jika kalian memang ingin hanya merasakan dampak positif dari hujan, mulailah untuk peduli kepada lingkungan. Tidak usah yang terlalu sulit, dengan membuang sampah pada tempatnya saja sudah membantu untuk menjaga lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi?



Comments

Popular Posts