Ingin Punya Nilai Bahasa Inggris di Atas Rata-Rata Tanpa Keluar Banyak Uang? Coba Cara Ini dan Lihat Hasilnya!

Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN alias MEA, kita diharuskan memiliki kualitas diri yang baik agar bisa bersaing dengan masyarakat global se-Asia Tenggara. Salah satu cara meningkatkan kualitas diri itu dengan menguasai bahasa asing. Penting bagi kita untuk setidaknya menguasai Bahasa Inggris yang telah menjadi bahasa internasional.

Ngomongin Bahasa Inggris, jujur nih, dulu nilai Bahasa Inggris aku di sekolah standar banget. Lulus KKM sih, tapi gak yang sampe outstanding banget gitu nilainya. Bahkan kalo udah masuk soal grammar dan ujian tenses, pasti lebih sering remedial daripada lulus KKM. Dulu sih untuk menyiasatinya, saya lebih milih ambil les Bahasa Inggris. Cuma, sekarang saya lebih milih belajar sendiri deh daripada les. Lebih hemat lagi! Nah, kali ini saya mau berbagi tips gimana caranya ningkatin kemampuan berbahasa Inggris tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Semoga cara ini berhasil di kamu ya!

1. Perbanyak nonton film Hollywood tanpa subtitle
Sering nonton film Hollywood? Tapi sering mengabaikan subtitle-nya nggak? Coba deh sekali-kali kamu nonton film Hollywood tapi jangan lihat terjemahannya. Susah sih emang. Jujur saya sampe sekarang pun masih belom bisa-bisa amat paham keseluruhan cerita kalo gak baca subtitle-nya. Apalagi yang beraksen British. Cuma gak ada salahnya kalo nyoba dengerin percakapan mereka tanpa baca subtitle-nya. Kalo gagal paham, yaa dikira-kira aja dari gerak-geriknya, hahaha. Biar lebih mudah mengerti, coba dulu dari film animasi. Biasanya, percakapan dalam film animasi lebih sederhana dan mudah dipahami tanpa perlu baca subtitle-nya.

2. Ikut kegiatan yang bersifat bilingual
Kalo di sekolahmu atau di kampusmu ada kegiatan berbahasa Inggris, ikutan aja. Misalnya, debating club, CISV, AIESEC, ACICIS, dsb. Jangan takut karena merasa gak mampu ngikutin kegiatannya. Justru dengan kamu ikut kegiatan semacam itu, kamu bakal dapet kosakata baru dalam Bahasa Inggris. Dan biasanya nih, kemampuan dalam diri seseorang itu akan muncul jika dalam keadaan terdesak. Jadi kalo kamu ikut kegiatan tersebut terus gak ada satu orang pun yang bisa berbahasa Indonesia, mau gak mau kamu harus ngomong pakai Bahasa Inggris deh. Dari yang cuma bisa ngomong beberapa kosakata ditambah bahasa tubuh, kemampuan Bahasa Inggris kamu bakal sefasih orang bule!

3. Perbanyak juga bacaan Bahasa Inggris
Selain melatih nonton film Hollywood tanpa baca subtitle, baca buku berbahasa Inggris juga bisa membantu kamu belajar juga loh. Kamu bisa mulai baca artikel berita dari media asing seperti Wall Street Journal, BBC, CNN, sampai baca novel asing. Nah, buat kamu yang gak hobi baca, coba baca buku bergambar anak kecil aja, kayak kumpulan dongeng sebelum tidur. Kan lebih banyak gambarnya tuh, trus bahasanya juga (lagi-lagi) lebih sederhana. Jadi gak gampang bosen deh.


4. Menulis ulang lirik lagu Barat favoritmu
Punya penyanyi Barat favorit dong pasti? Seperti Selena Gomez, Justin Bieber, Taylor Swift, dan masih banyak lagi. Pasti kamu juga seneng dengerin lagu-lagu mereka dong, entah di playlist HP kamu, radio, bahkan di bus Transjakarta. Bagus tuh kalo kamu seneng dengerin lagu mereka. Nah, dari hobi kamu itu, coba dimanfaatkan dengan menulis ulang lirik lagu Barat favoritmu. Jadi sambil kamu dengerin, kamu tulis ulang tuh lirik lagunya. Tapi jangan nyontek dari internet ya, hehehe.

Kira-kira, itulah empat cara mudah supaya kamu bisa ningkatin nilai dan kemampuan berbahasa Inggris kamu secara gratis. Udah siap deh ketemu bule di jalan buat diajak ngopi bareng #eh 😁

Comments

Popular Posts