Mau Magang yang Asik Tapi Penuh Pengalaman? Ya di Zetta Media Aja!

HELLO MARCH!!!

Gak nyangka ya, udah bulan ketiga di tahun 2018 ini. Time flies so fast. Banyak banget pengalaman yang udah saya dapatkan selama ini namun belom sempat dibagikan ke Spanialishta sekalian. Nah, di postingan kali ini, saya ingin berbagi cerita dan pengalaman magang yang walaupun sangat singkat tapi sangat berkesan. Check this out!

Sehabis diwisuda pada Oktober 2017 lalu, saya mulai mencari-cari pekerjaan. Eh, sebenernya udah jadi jobseeker sejak dinyatakan lulus sidang pas Juli 2017 sih. Tapi waktu itu belom totalitas gitu jadi seorang jobseeker. Hanya dateng ke job fair, daftar, trus yaudah gitu. Kalo dipanggil wawancara atau tes yaa tanpa persiapan mateng gitu. Ya bisa dikatakan niat ga niat sih. Karena waktu itu ngerasa masih butuh waktu untuk refreshing dari rasa penat yang selama kurang lebih empat bulan kuhabiskan hanya berdua dengan skripsweet tercinta 💕 Nah, dulu mikir, yaudah deh kasih waktu untuk badan ini bersuka ria dengan bangun siang dan kerjaannya hanya makan-tidur-nonton drama-repeat sampai waktu wisuda tiba. Jadi...ya kira-kira tiga bulan lebih lah menjadi seorang jobseeker setengah hati. Lagian, saya ngerasa kalo belom diwisuda, ya belom sah aja gitu lepas dari predikat seorang mahasiswi, hahaha.

Nah, pas udah mau deket-deket wisuda, mulai deh tuh panik karena belom ada kerjaan yang cocok buat saya. Bahkan setelah berminggu-minggu lewat dari wisuda, kerjaan yang pas belom saya temukan. Sampai akhirnya, saya bilang ke diri sendiri, "yaudah, tunggu tahun depan deh. Mungkin karena udah mau akhir tahun, perusahaan udah tutup buku. Jadi gak nyari-nyari karyawan baru." Bisa banget yaa diri ini ngeles-nya. Tapi, saya tetep berusaha tuh. Mantengin feeds Instagram info lowongan kerja. Sampai pada akhirnya muncul info lowongan kerja untuk magang di Zetta Media. Kalo nama itu asing buat kamu, mungkin akan lebih mudah dipahami kalo saya bilang Trivia.id. Nah, Zetta Media itu adalah grup yang menaungi Trivia.id dan beberapa portal media lainnya.

Lalu, karena memang saya tertarik menjadi seorang penulis (dan mungkin itu memang passion saya), maka saya mencoba peruntungan dengan mendaftar program magang di Zetta Media. Lamaran saya itu diterima! Pada pertemuan pertama, saya berjumpa teman-teman lainnya yang keterima magang dengan salah satu editor yang kemudian menjadi mentor saya, Ulfa Sekar. Saat itu saya diberikan pengetahuan mengenai cara menulis kreatif dan membuat tulisan itu dapat menarik pembaca serta meningkatkan traffic pengunjungnya. Setelah itu, saya diberi tahu bahwa selama dua bulan ke depan, saya ditugaskan untuk mengisi portal rula.co.id. Oh ya, magang ini bersifat remote gitu, alias saya bisa mengerjakan tugasnya dari rumah. Jadi saya hanya diwajibkan datang ke kantor sebulan sekali untuk evaluasi.

Bersama para Zetta Media Intern batch 1
Walaupun hanya dua bulan dan porsi saya datang ke kantor sangat minim, saya dapat begitu banyak pengalaman, pengetahuan, dan tentunya teman baru. Gak percaya kan walau hanya dua bulan saya bisa dapat beberapa teman yang lumayan dekat? Yap, saya bertemu empat teman baru yang masing-masing menjadi penulis di Trivia.id, rula.co.id, dan merryriana.co. Sama mereka, saya juga hanya sempat ngobrol-ngobrol dan menghabiskan makan siang bersama dua kali saja. Selama dua kali datang ke kantor, saya juga merasakan suasana kantor kekinian yang memiliki sudut-sudut unik untuk bersantai. Karyawan-karyawan di sana juga masih muda-muda dan berjiwa muda, hehehe. Asik lah pokoknya.

Saya bersama teman-teman magang lainnya dan mentor kami :)
Pelajaran yang saya dapat melalui dua bulan magang di Zetta Media adalah tentang bagaimana membuat tulisan menarik untuk dibaca. Berkat magang di sini, tulisan saya yang biasanya hanya dibaca oleh teman, keluarga, atau orang yang gak sengaja mampir ke blog ini, kini dapat dibaca oleh banyak orang. Melalui portal rula.co.id , tempat saya menuangkan isi pikiran saya, tulisan saya pernah menjadi trending dan popular post di portal tersebut. Bahkan, tulisan salah satu teman saya yang menulis untuk portal Trivia.id, pernah masuk LINE Today.

Jadi, buat kamu yang emang senang menulis, saya rasa magang di Zetta Media bisa menjadi awal yang baik untuk membuat namamu dikenal orang banyak. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu untuk mencari hal-hal yang sedang trending dan mengubahnya menjadi sebuah tulisan yang menarik. Seru deh!

Sama mentor kece 😎
Thank you, Zetta Media for having me!

Anyway, kamu bisa melihat tulisan saya yang sudah dimuat di rula.co.id di sini.

Comments

Popular Posts